Konsep sekolah Taman siswa
Posted by EduwaUNJ on 19.00
Oleh : Dien Silvia Bustami *
Ki Hajar Dewantara
· Tujuan Pendidikan menurut Ki hajar Dewantara “ memajukan bangsa secara keseluruhan tanp membedakan agama, etnis, suku, budaya, adat, kebiasaan, status ekonomi, status social dan di dasarkan kepada nilai-nilai kemerdekaan yang asasi.
· Wasiat Ki Hajar Dewantara kepada anaknya “ Mbang, apa pun yang dikatakan orang tentang diriku kau wajib menerimanya. Namun kalau suatu ketika ada orang yang meminta pendapatmu, apakah Ki Hajar seorang nasionalis, radikal, sosialisasi, humanis, tradisionalis ataupun democrat ? Maka katakanlah, aku hanya orang Indonesia yang bekerja dengan cara Indonesia”.
· Konsep sekolah menurut Ki Hajar : menekankan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik. Memadukan pendidikan gaya eropa yang modern dengan seni-seni jawa tradisional.
· Konsep sekolah Taman siswa :
Ø pendidikan berorientasi kepda kebudayaan timur dan mengedepankan nilai- nilai keruhanian yang di barengin dengan kekuatan intelektual.
Ø Orde en vrenden (tertib dan damai) dengan bertumpu pada prinsip pertumbuhan menurut kodrat, konsep ini dkenal dengan Metode Among denga trilogy peran kepemimpinan pendidik, yakni Tut Wuri Handayani ( guru hanya membimbing dari belakang dan mengingatkan jika tindakan siswa membahayakan), Ing Madya Mangun Karsa ( membangkitkan semangat dan memberikan motivasi), dan Ing Ngarsa Sung Tulada (selalu menjadi contoh dalam perilaku dan ucapan).
Ø Perguruan Taman Siswa didirikan dengan tujuh asas pokok yaitu kemerdekaan, metode Among, berperadaban bangsa sendiri, pemerataan pendidikan, mandiri, sederhana dan makarya, serta dengan suci hati dan tidak mengharap sesuatu hak berkehendak berhamba kepada sang anak.
Ø Pendidikan yang di ajarkan adalah menegakkan jiwa anak-anak sebagai bangsa, membimbing anak-anak menjadi manusia yang bisa hidup dengan kecakapan dan kepandaiannya sendiri, menciptakan manusia yang berguna bagi diri-sendiri dan masyarakat.
Ø Asas Taman siswa :
ü Mengatur Diri Sendiri
ü Kemerdekaan Batin, Pikiran dan Tenaga bagi Anak-anak.
ü Kebudayaan sendiri
ü Pendidikan yang merakyat.
ü Percaya pada kekuatan sendiri.
ü Membelanjai diri sendiri
ü Keikhlasan dari para pendidik dan pegajar dalam mendidik.
Ø Konsep Tringa : ngerti ( mengetahui), ngrasa ( memahami), ngelakoni (melakukan). Artinya tujuan belajar itu dasarnya ialah meningkatkan penegtahuan anak didik tentag apa yang dipelajarinya, mengasah rasa untuk meningkatkan pemahaman tentang apa yang diketahuinya, serta meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan apa yang dipelajarinya.
Ø Konsep dan arah pendidikan nasional : pendidikan nasional yang selaras dengan kehidupan dan penghidupan bangsa, pendidikaan nasional adalah hak dan kewajiban bangsa, tidak terikat lahir batin, system mengongkosi diri sendiri, adanya badan pembantu umum, dan adanya Steunfonds umum.
Ø Tujuan Taman siswa : merdeka baik secara fisik, mental, dan keruhanian.
· Tujuan berdirinya Budi Utomo : usaha pendidikan dalam arti seluas-luasnya. Peningkatan pertanian, peternakan, dan perdagangan. Kemajuan teknik dan kerajinan. Menghidupkan kembali kesenian pribumi dan tradisi. Menjunjung tinggi cita-cita kemanusiaan. Hal-hal lain yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa.
*biografi Ki Hajar Dewantara
Pandangan tentang pesantren
Sekolah yang menanamkan nilai islami dan dengan metode yang islam. Pesantren salah satu bentuk sekolah yang efektif untuk mengetahui perkembangan siswa karena para guru berada dengan mereka dari pagi sampai malam, dan dapat lebih focus dalam pelajaran yang diambil.
Konsep Sekolah menurut saya
Konsep sekolah menurut saya, saya sangat setuju dengan pemikiran ki hajar dewantara yang dimana sekolah tidak membedakan agama, etnis, suku, budaya, adat, kebiasaan, status ekonomi, status social dan di dasarkan kepada nilai-nilai kemerdekaan yang asasi. menegakkan jiwa anak-anak sebagai bangsa, membimbing anak-anak menjadi manusia yang bisa hidup dengan kecakapan dan kepandaiannya sendiri, menciptakan manusia yang berguna bagi diri-sendiri dan masyarakat.
*Mahasiswi PLS 2012 Universitas Negeri Jakarta
Categories: TER2013